Mengenal Beladiri Sambo

Apa Itu Sambo?

Pertandingan Sambo Internasional

Sambo adalah jenis bela diri dan sistem pertahanan diri yang diciptakan di Uni Soviet pada awal 1900-an. Sambo merupakan perpaduan antara berbagai macam gaya seni bela diri yang ada di dunia yang kemudian disatukan agar lebih efisien dalam menyerang lawan dan mempertahankan diri. Sejak dahulu, orang Rusia sudah mengenal berbagai gaya seni bela diri karena negara mereka yang luas sehingga memungkinkan untuk dapat kontak langsung dengan berbagai bangsa seperti Jepang, Viking, Tatar, Mongol, dan banyak lagi. Kombinasi yang bekerja dari jenis bela diri ini disatukan hingga di kemudian hari terkenal sebagai Sambo Rusia.

Ada empat versi Sambo:

  1.  Borba Sambo atau Sambo olahraga, mirip dengan gulat atau Judo
  2.  Sambo bela diri, mirip dengan Aikijutsu, jujitsu, atau Aikido
  3.  Sambo tempur (bahasa Rusia:Боевое Самбо, Boyevoye Sambo), dikembangkan untuk militer
  4.  Sambo khusus, dikembangkan untuk pasukan khusus militer

Sejarah Sambo

Gerakan Kuncian Sambo

Vasili Oshchepkov, seorang pelatih Karate dan Judo untuk elit Tentara Merah Rusia, adalah salah satu pencipta Sambo di Rusia. Seperti pelatih bela diri lainnya, Oshchepkov ingin anak buahnya yang paling mahir semua dalam teknik seni bela diri. Oshchepkov berusaha merumuskan gaya seni bela diri yang superior dengan menambahkan apa yang ia ketahui dari kemampuan judo yang dimilikinya. Ia kemudian menggabungkannya antara gaya gulat Rusia asli, karate, dan banyak lagi.

Pada tahun 1918, Vladimir Lenin menciptakan Vseobuch atau Pelatihan Militer untuk melatih Tentara Merah di bawah pimpinan K. Voroshilov. Voroshilov kemudian menciptakan pusat pelatihan NKVD (pasukan khusus) dan membawa bersama-sama beberapa instruktur yang berkualifikasi. Seiring dengan hal itu, Spiridonov, seorang Rusia yang pernah ikut dalam perang Rusia-Jepang yang juga pernah melatih gulat di Yunani ini menjadi pelatih pertama dan instruktur bela diri Sambo di Uni Soviet.

Pada tahun 1923, Oschepkov dan Spiridonov bekerjasama untuk melatih dengan upaya menyempurnakan kemampuan tempur Tentara Merah dalam peperangan. Anatoly Kharlampiev dan IV Vasiliev, keduanya telah mempelajari seni bela diri di seluruh dunia secara luas, dan mereka bergabung dalam kolaborasi ini. Satu dekade kemudian, teknik yang mereka pelajari dibawa ke meja gabungan agar diakui dan kemudian hari dikenal sebagai Sambo.

Meskipun Oschepkov dan Spiridonov yang merumusan seni beladiri ini, tetapi Kharlampiev-lah yang lebih sering disebut sebagai bapak Sambo, karena dialah yang mengkampanyekan Sambo untuk menjadi olahraga tempur Uni Soviet, dan yang telah merealisasikannya  pada tahun 1938. Namun, ada bukti yang menunjukkan bahwa Spiridonov adalah orang pertama yang benar-benar menggunakan kata Sambo untuk menggambarkan sistem seni bela diri yang telah ia dan Oschepkov sumbangkan. Sambo di kemudian hari diterjemahkan sebagai “Membela diri tanpa senjata.”

Ketika teknik Sambo akhirnya telah berhasil disempurnakan, dengan segera sambo diajarkan dan digunakan oleh polisi Soviet, militer, dan banyak lagi, meskipun masing-masing telah diubah dan dimodifikasi lagi untuk memenuhi kebutuhan kelompok tertentu.
Pada tahun 1981 Komite Olimpiade Internasional mengakui Sambo sebagai olahraga Olimpiade.

Demikian definisi dan sejarah dari seni beladiri Sambo secara singkat.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons